Kamis, 26 April 2012

READING TIPS


READING FOR INFORMATION

Pada saat mau membeli buku, dari ketebalan buku dapat membuat kita enggan membelinya, soalnya udah kebayang bakal butuh waktu bertahun2 (berle) buat khatam-in tuh buku. Gimana kalo kita dihadapin sama soal yang berkorelasi dengan cerita pendek? Apalagi ceritanya gk Cuma satu ato dua paragraf, tapi 5 paragraf, sedangkan pengerjaan soal itu dibatasi oleh waktu yg gk lama. Mau dibaca, tar kehabisan waktu buat mahamin isi bacaan. Gk dibaca tar gk bisa jawab soal.
Naaah, kita harus tau gimana teknik yang bener buat jawabnya..

1.     Skimming
Maksudnya membaca sekilas, apa sih topik atau ide pokok dalam suatu artikel.
To find the general information.

2.     Scanning
Teknik ini sama seperti kita menggunakan kamus atau buku telepon, kosa kata apa yang kita cari, maka kita akan segera mencari pada huruf awalnya. Soal yg diberikan sebenarnya sudah ada pada cerita atau bacaan yg disertakan, kadang saya cukup mendari, kata apa yang sama antara soal dan bacaan.
To find the specific information.

3.     Contect Clue
Tidak menutup kemungkinan kita menemukan kosa kata yg baru kita temui dan tidak kita ketahui maknanya. Hal ini sering kali membuat kita terpaku dan kehabisan waktu. JANGAN TAKUT. Cukup PAHAMI apa kata tdk familiar tersebut berdasarkan konteks dari bacaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar